Tugas
I Pendidikan Seni Tari
Nama :
Qurrotul Aini
NIM :
2227140912
Jurusan :
PGSD 2 C
Tugas I
1.
Buatlah pengertian seni secara umum,
pribadi, dan para ahli minimal 5, kemudian analisis yang menurut para ahli ?
Jawab
:
A.
Seni secara umum, seni pada mulanya
adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu.
Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia.
Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang
mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit
dinilai. (Diposkan 11th December 2012 oleh Frank_SHF).
B.
Seni adalah segala macam ide, gagasan,
perasaan, suara hati yang memiliki nilai dan fungsi yang diciptakan oleh
manusia melalui kreatifitasnya dengan menggunakan berbagai media sehingga dapat dinikmati hasilnya.
C.
Seni menurut para ahli :
·
Menurut Sukaryono, Seni adalah ungkapan
isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan.
Jadi seni menurut Sukaryono itu berasal dari dalam hati seorang senimannya,
yang diungkapkan melalaui ide, sehingga ide tersebut mempunyai unsur keindahan.
·
Menurut Abraham Munched, Seni adalah
ungkapan jiwa dan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam kreasi dalam
bentuk gerak, rupa, nada dan syair. Jadi seni menurut Abraham Munched hasil
dari ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan kedalam kreasinya melalui bentuk
gerak sehingga dari bentuk gerak tersebut menghasilkan sebuah tarian, dan dalam
bentuk rupa menghasilkan sebuah lukisan ukiran dan lain-lain, dan dari nada dan
syair akan menghasilkan alunan sebuah lagu yang indah.
·
Ki Hajar Dewantara, Seni adalah segala
perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga
menggerakan jiwa perasaan manusia. Jadi seni menurut Ki Hajar Dewantara, dalam
berkarya harus timbul dari perasaan dan tidak dapat dipaksaan sehingga dalam
berkarya menghasilkan karya yang indah.
·
Drs Popo Iskandar, Seni adalah hasil
ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup
bermasyarakat atau berkelompok. Jadi seni menurut Popo Iskandar ungkapan
perasaan seorang seniman melalui hasil karya sehingga orang lain dapat
mengetathui kondisi hidup yang dialaminya.
·
Ahdian Karta Miharja, Seni adalah
kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan
isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu. dalam rohaninya penerimanya. Jadi seni menurut
Ahdian Karta Miharja kegiatan keagamaan yang sesuai dengan kenyataan yang
dibentuk dalam sebuah karya yang didalamnya bertujuan untuk mengingatkan
pengalaman.
2.
Sebutkan dan jelaskan fungsi seni dan
ruang lingkup seni ?
Jawab
:
A. Fungsi
seni
a. Funsgi
seni individual
·
Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik, Pada hakekatnya manusia adalah
mahkluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada keindahan dan
pemakaian benda-benda. Seni terapan memang mengacu pada pemuasan kebutuhan
fisik sehingga segi kenyamanan menjadi hal penting. Sebagai contoh seni
bangunan, seni furniture, seni pakaian atau textile, seni kerajinan dlll.
·
Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional, Seseorang memiliki sifat
yang berbeda-beda dengan manusia dimana pengalaman hidup seseorang akan
mempengaruhi sisi emosional atau perasaaanya. Contoh perasaan sedih,
letih-lelah, gembira, iba, kasihan, benci, cinta dlll. Manusia dapat merasakan
semua itu dikarenakan di dalam dirinya terkandung dorongan emosional yang
merupakan situasi kejiwaan pada setiap manusia normal.
b.
Fungsi sosial
·
Fungsi Religi atau Keagamaan, Karya seni sebagi pesan religi
atau keagamaan. Contoh : kaligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lago
rohani Seni yang digunakan untuk sebuah upacara yang berhubungan dengan upacara
kelahiran, kematian, ataupun pernikahan. Contoh : Gamelan yang dimainkan pada
upacara Ngaben di Bali yakni gamelan Luwang, Angklung, dan Gambang. Gamelan di
Jawa Gamelan Kodhok Ngorek, Monggang, dan Ageng.
·
Fungsi Pendidikan, Seni sebagai media pendidikan misalnya musik.
Contoh : Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama, Angklung dan Gamelan
juga bernilai pendidikan dikarenakan kesenian tersebut mempunyai nilai sosial,
kerjasama, dan disiplin. Pelajaran menggunakan bantuan karya seni. Contoh :
gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster, lagu
anak-anak, alat peraga IPA
·
Fungsi Komunikasi, Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi
seperti pesan, kritik sosial, kebijakan, gagasan, dan memperkenalkan produk
kepada masyarakat. Melalui media seni tertentu seperti, wayang kulit, wayang
orang dan seni teater, dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan,
poster, drama komedi, dan reklame.
·
Fungsi Rekreasi atau Hiburan, Seni yang berfungsi sebagai sarana
melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan, sebuah pertunjukan khusus untuk
berekspresi atau mengandung hiburan, kesenian yang tanpa dikaitkan dengan
sebuah upacara ataupun dengan kesenian lain.
·
Fungsi Artistik, seni yang berfungsi sebagai media ekspresi
seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial, misalnya
terdapat pada musik kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer,
tidak bias dinikmati pendengar/pengunjung, hanya bisa dinikmati para seniman
dan komunitasnya.
·
Fungsi Guna (seni terapan), Karya seni yang dibuat tanpa
memperhitungkan kegunaannya kecuali sebagai media ekspresi disebut sebagai
karya seni murni, sebaliknya jika dalam proses penciptaan seniman harus
mempertimbangkan aspek kegunaan, hasil karya seni ini disebut seni guna atau
seni terapan. Contoh : Kriya, karya seni yang dapat dipergunakan untuk
perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dai gerabah dan rotan.
·
Fungsi Seni untuk
Kesehatan (Terapi), Pengobatan untuk penderita gangguan physic ataupun medis
dapat distimulasi melalui terapi musik, jenis musik disesuaikan dengan latar
belakang kehidupan pasien.
B.
Rung lingkup seni
·
Alam adalah bentuk objek yang nyata, yang dapat ditirukan
menjadi hasilkarya seni
·
Lingkungan adalah alam yang mudah dilihat disekeliling dan dapat
dijadikan sebagai inspirasi untuk berkarya
·
Ekspresi adalah perasaan, suara hati yang dituangkan kedalam
seni dan dapat berkomunikasi dengan orang yang ada disekelilingnya yang
melihat.
3. Jelaskan tentang tari
secara umum, pribadi dan para ahli minimal 5 kemudian analisislah yang menurut
para ahli ?
Jawab :
A.
Tari secara umum adalah gerakan badan sebagai cermin ungkapan
jiwa (ekspresi) yang mempunyai irama dan biasanya diiringi bunyi-bunyian.
B.
Tari menurut para ahli
·
Seni tari menurut Soedarsono adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak yang indah
dan ritmis. Jadi seni tari menurut soedarsono gerakan tubuh yang indah yang
dapat dirasakan, yang diiringi dengan irama (Diunduh dari situs web http://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-tari/semester-1/kelas-vii/pengertian-tari/)
·
M. Jazuli
dalam (Soeryobrongto:1987, 12-34), bahwa tari adalah gerak-gerak anggota tubuh
yang selaras dengan bunyi music. Jadi tari harus beriringan dengan music,
sehingga gerakan yang menghasilkan gerakan tari yang indah.
·
Hawkins
menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi
dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang
simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta (Haukins: 1990, 2). Jadi tari ungkapan perasaan seseorang yang
diungkapkan melalui gerakan tubuh yang diiringi dengan irama.
·
Tari
menurut Curt Sach adalah gerak yang ritmis. Jadi gerakan tubuh yang dapat
disebut dengan sebuah tarian harus mempunyai keselarasan dengan gerakan tubuh
yang alainnya. (Diunduh dari situs web http://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-tari/semester-1/kelas-vii/pengertian-tari/)
·
Tari
menurut Susan K.Lenger adalah gerak-gerak yang dibentuk secara ekspresif yang
diciptakan manusia untuk dapat dinikmati. Gerakan tubuh yang memiliki nilai
keindahan yang layak dipertontonkan atau dapat dinikmati oleh penonton.
(Diunduh dari situs web http://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-tari/semester-1/kelas-vii/pengertian-tari/)
C.
Seni tari tari adalah
gerakan tubuh yang menggunakan hitungan dan diiringi irama sehingga memiliki
gerakan yang indah dan dapat dipertunjukan.
4. Sebutkan dan jelaskan
dasar-dasar dan unsur-unsur tari ?
Jawab :
A.
Gerak, didalam tarian bukanlah gerak seperti dalam kehidupan
sehari-hari. Gerak tari adalah gerak yang telah mengalami perubahan atau proses
stilasi dari gerak wantah (asli) ke gerak murni dan gerk maknawi. Aspek gerak
dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
a.
The body (tubuh) misalnya gerak bagian kepala, kaki, dan tangan
b.
Space (ruang gerak) misalnya level, jarak atau rentangan atau
tingkatan gerak.
c.
Time (waktu) misalnya, durasi gerak
d.
Dynamics (kualitas gerak) misalnya gerak yang kuat, lemah,
elastic,
B.
Unsur tenaga, kegunaan tenaga dalam gerak tari meliputi :
a.
Intensitas berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang
menghasilkan tingkat ketegangan gerak itu.
b.
aksen atau tekanan muncul ketika gerakan dilakukuan secara
tiba-tiba dan kontras.
c.
Kualiatas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran
tenaga.
C.
Unsur ruang, yang diciptakan penari adalah ruang yang dibatasi
oleh imajinasi penari berupa cara yang terjauh yang dapat dijangkau oleh tangan
dan kakinya dalam posisi tidak pindah tempat.
D.
Unsur waktu, faktor penting ritme dan tempo. Ritme adalah ukuran
waktu dari setiap perubahan detail gerak, ritme lebih mengarah pada ukuran
cepat atau lambat setiap gerak ang dicapai.
5. Sebutkan dan jelaskan
konsep, sifat, karakteristik, fungsi, dan ruang lingkup tari ?
Jawab :
A.
Konsep adalah tema yang dipilih dalam suatu tarian. Sifat dasar
seni adalah kreatif, individual, perasaan, abadi dan universal.
B.
Karakteristik tari
a.
Tema, gerak-gerak yang pernah dilihat dan diamati oleh anak maka dapat
dijadikan suatu tema. Tema-tema yang pada umumnya disenangi oleh anak-anak TK
diantaranya adalah tingkah laku binatang seperti : kucing, anjing, burung,
kupu-kupu, bebek dan lain-lain. Anak juga menirukan tingkah laku manusia
seperti : ayah, ibu, dokter, insinyur dan lain-lain. Contohnya tingkah
laku binatang seperti : kucing,anjing,burung ,dll serta tingkah laku manusia
seperti : ayah,ibu,dokter dan lain-lain
b.
Bentuk Gerak. Bentuk gerak yang sesuai dengan karakteristik
tari anak-anak, pada umumnya gerak-gerak yang dilakukannya tidaklah terlalu
sulit dan sangat sederhana sekali. Mengingat pada dasarnya imajinasi anak TK
tinggi dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi pula. Dan bentuk-bentuk gerak
yang biasa dilakukan adalah bentuk gerak-gerak yang lincah, cepat dan seakan
menggambarkan kegembiraannya. Misalkan : bentuk gerak jalan ditempat
dengan tepuk-teuk tangan
c. Bentuk
Iringan. Dilihat dari karakteristik anak yang senang bergerak dengan gembira,
anak TK biasanya menyenangi musik iringan yang menggambarkan kesenangan dan
kegembiraan. Terutama lagu-lagu anak yang mudah diingat, misalnya : lagu
kelinciku, kebunku, kupu-kupuku dan lainlain. Misalnya : lagu
keleinciku,kebunku,kupuku,dll
d. Jenis
Tari. Apabila suatu karya cipta gerak tari sudah tersusun dan menjadi satu
kesatuan tari anak, maka dibentuklah menjadi satu bentuk tari dan sebuah jenis
tari yang sesuai dengan karakteristik dan sifat anak TK yang memiliki sifat
kegembiraan atau kesenangan, geraknya yang lincah dan sederhana, dan iringan
musiknya pun mudah dipahami oleh anak.
C.
Fungsi seni tari
a.
Seni tari sebagai sarana upacara, seni tari sebagai sarana
upacara biasanya bersifat sakral atau magis. Upacara dalam kehidupan kita di
Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu : upacara keagamaan dan upacara adat
b.
Seni tari sebagai sarana hiburan, sebagai sarana hiburan
biasanya juga digunakan untuk pergaulan dan disebut juga tari gembira.
Biasannya untuk ditonton.
c.
Seni tari sebagai sarana pertunjukan, dalam penyajian mengutamakan
segi arstistiknya dengan berkonsepsonal yang matang dan cermat serta tema dan
tujuan yang jelas juga, yang layak untuk di pertontonkan.
Tari
menurut fungsi dan sifatnya
NO
|
Fungsi tari
|
Sifat tari
|
1.
2.
3.
|
Sarana hiburan
Sarana upacara
Sarana pertunjukan
|
Gembira dan dinamis
Religius magis sacral
Indah menarik dan kreatif
|
hay bosku anda bingung mencari bandar togel
BalasHapusyuk bergabung bersama kami di togel pelangi
togel terbaik dan terpecaya 100% aman
http://www.togelpelangi.com/