Jumat, 09 Oktober 2015

seni tari



Tugas I Pendidikan Seni Tari
Nama               : Qurrotul Aini
NIM                : 2227140912
Jurusan            : PGSD 2 C
Tugas I
1.      Buatlah pengertian seni secara umum, pribadi, dan para ahli minimal 5, kemudian analisis yang menurut para ahli ?
Jawab :
A.    Seni secara umum, seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. (Diposkan 11th December 2012 oleh Frank_SHF).
B.     Seni adalah segala macam ide, gagasan, perasaan, suara hati yang memiliki nilai dan fungsi yang diciptakan oleh manusia melalui kreatifitasnya dengan menggunakan berbagai media  sehingga dapat dinikmati hasilnya. 
C.     Seni menurut para ahli :
·         Menurut Sukaryono, Seni adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan. Jadi seni menurut Sukaryono itu berasal dari dalam hati seorang senimannya, yang diungkapkan melalaui ide, sehingga ide tersebut mempunyai unsur keindahan.
·         Menurut Abraham Munched, Seni adalah ungkapan jiwa dan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada dan syair. Jadi seni menurut Abraham Munched hasil dari ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan kedalam kreasinya melalui bentuk gerak sehingga dari bentuk gerak tersebut menghasilkan sebuah tarian, dan dalam bentuk rupa menghasilkan sebuah lukisan ukiran dan lain-lain, dan dari nada dan syair akan menghasilkan alunan sebuah lagu yang indah.
·         Ki Hajar Dewantara, Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia. Jadi seni menurut Ki Hajar Dewantara, dalam berkarya harus timbul dari perasaan dan tidak dapat dipaksaan sehingga dalam berkarya menghasilkan karya yang indah.
·         Drs Popo Iskandar, Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok. Jadi seni menurut Popo Iskandar ungkapan perasaan seorang seniman melalui hasil karya sehingga orang lain dapat mengetathui kondisi hidup yang dialaminya.
·         Ahdian Karta Miharja, Seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu.  dalam rohaninya penerimanya. Jadi seni menurut Ahdian Karta Miharja kegiatan keagamaan yang sesuai dengan kenyataan yang dibentuk dalam sebuah karya yang didalamnya bertujuan untuk mengingatkan pengalaman.

2.      Sebutkan dan jelaskan fungsi seni dan ruang lingkup seni ?
Jawab :
A.    Fungsi seni
a.       Funsgi seni individual
·         Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik, Pada hakekatnya manusia adalah mahkluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada keindahan dan pemakaian benda-benda. Seni terapan memang mengacu pada pemuasan kebutuhan fisik sehingga segi kenyamanan menjadi hal penting. Sebagai contoh seni bangunan, seni furniture, seni pakaian atau textile, seni kerajinan dlll.
·         Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional, Seseorang memiliki sifat yang berbeda-beda dengan manusia dimana pengalaman hidup seseorang akan mempengaruhi sisi emosional atau perasaaanya. Contoh perasaan sedih, letih-lelah, gembira, iba, kasihan, benci, cinta dlll. Manusia dapat merasakan semua itu dikarenakan di dalam dirinya terkandung dorongan emosional yang merupakan situasi kejiwaan pada setiap manusia normal.
b.      Fungsi sosial
·         Fungsi Religi atau Keagamaan, Karya seni sebagi pesan religi atau keagamaan. Contoh : kaligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lago rohani Seni yang digunakan untuk sebuah upacara yang berhubungan dengan upacara kelahiran, kematian, ataupun pernikahan. Contoh : Gamelan yang dimainkan pada upacara Ngaben di Bali yakni gamelan Luwang, Angklung, dan Gambang. Gamelan di Jawa Gamelan Kodhok Ngorek, Monggang, dan Ageng.
·         Fungsi Pendidikan, Seni sebagai media pendidikan misalnya musik. Contoh : Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama, Angklung dan Gamelan juga bernilai pendidikan dikarenakan kesenian tersebut mempunyai nilai sosial, kerjasama, dan disiplin. Pelajaran menggunakan bantuan karya seni. Contoh : gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster, lagu anak-anak, alat peraga IPA
·         Fungsi Komunikasi, Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti pesan, kritik sosial, kebijakan, gagasan, dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. Melalui media seni tertentu seperti, wayang kulit, wayang orang dan seni teater, dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan, poster, drama komedi, dan reklame.
·         Fungsi Rekreasi atau Hiburan, Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan, sebuah pertunjukan khusus untuk berekspresi atau mengandung hiburan, kesenian yang tanpa dikaitkan dengan sebuah upacara ataupun dengan kesenian lain.
·         Fungsi Artistik, seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial, misalnya terdapat pada musik kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer, tidak bias dinikmati pendengar/pengunjung, hanya bisa dinikmati para seniman dan komunitasnya.
·         Fungsi Guna (seni terapan), Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya kecuali sebagai media ekspresi disebut sebagai karya seni murni, sebaliknya jika dalam proses penciptaan seniman harus mempertimbangkan aspek kegunaan, hasil karya seni ini disebut seni guna atau seni terapan. Contoh : Kriya, karya seni yang dapat dipergunakan untuk perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dai gerabah dan rotan.
·          Fungsi Seni untuk Kesehatan (Terapi), Pengobatan untuk penderita gangguan physic ataupun medis dapat distimulasi melalui terapi musik, jenis musik disesuaikan dengan latar belakang kehidupan pasien.
B.     Rung lingkup seni
·         Alam adalah bentuk objek yang nyata, yang dapat ditirukan menjadi hasilkarya seni
·         Lingkungan adalah alam yang mudah dilihat disekeliling dan dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk berkarya
·         Ekspresi adalah perasaan, suara hati yang dituangkan kedalam seni dan dapat berkomunikasi dengan orang yang ada disekelilingnya yang melihat.


3.      Jelaskan tentang tari secara umum, pribadi dan para ahli minimal 5 kemudian analisislah yang menurut para ahli ?
Jawab :
A.    Tari secara umum adalah gerakan badan sebagai cermin ungkapan jiwa (ekspresi) yang mempunyai irama dan biasanya diiringi bunyi-bunyian.
B.     Tari menurut para ahli
·         Seni tari menurut Soedarsono adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis. Jadi seni tari menurut soedarsono gerakan tubuh yang indah yang dapat dirasakan, yang diiringi dengan irama (Diunduh dari situs web http://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-tari/semester-1/kelas-vii/pengertian-tari/)
·         M. Jazuli dalam (Soeryobrongto:1987, 12-34), bahwa tari adalah gerak-gerak anggota tubuh yang selaras dengan bunyi music. Jadi tari harus beriringan dengan music, sehingga gerakan yang menghasilkan gerakan tari yang indah.
·         Hawkins menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta (Haukins: 1990, 2). Jadi tari ungkapan perasaan seseorang yang diungkapkan melalui gerakan tubuh yang diiringi dengan irama.
·         Tari menurut Curt Sach adalah gerak yang ritmis. Jadi gerakan tubuh yang dapat disebut dengan sebuah tarian harus mempunyai keselarasan dengan gerakan tubuh yang alainnya. (Diunduh dari situs web http://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-tari/semester-1/kelas-vii/pengertian-tari/) 
·         Tari menurut Susan K.Lenger adalah gerak-gerak yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk dapat dinikmati. Gerakan tubuh yang memiliki nilai keindahan yang layak dipertontonkan atau dapat dinikmati oleh penonton. (Diunduh dari situs web http://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-tari/semester-1/kelas-vii/pengertian-tari/)
C.     Seni tari tari adalah gerakan tubuh yang menggunakan hitungan dan diiringi irama sehingga memiliki gerakan yang indah dan dapat dipertunjukan.

4.      Sebutkan dan jelaskan dasar-dasar dan unsur-unsur tari ?
Jawab :
A.      Gerak, didalam tarian bukanlah gerak seperti dalam kehidupan sehari-hari. Gerak tari adalah gerak yang telah mengalami perubahan atau proses stilasi dari gerak wantah (asli) ke gerak murni dan gerk maknawi. Aspek gerak dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
a.      The body (tubuh) misalnya gerak bagian kepala, kaki, dan tangan
b.      Space (ruang gerak) misalnya level, jarak atau rentangan atau tingkatan gerak.
c.       Time (waktu) misalnya, durasi gerak
d.      Dynamics (kualitas gerak) misalnya gerak yang kuat, lemah, elastic,
B.      Unsur tenaga, kegunaan tenaga dalam gerak tari meliputi :
a.      Intensitas berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak itu.
b.      aksen atau tekanan muncul ketika gerakan dilakukuan secara tiba-tiba dan kontras.
c.       Kualiatas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga.
C.      Unsur ruang, yang diciptakan penari adalah ruang yang dibatasi oleh imajinasi penari berupa cara yang terjauh yang dapat dijangkau oleh tangan dan kakinya dalam posisi tidak pindah tempat.
D.     Unsur waktu, faktor penting ritme dan tempo. Ritme adalah ukuran waktu dari setiap perubahan detail gerak, ritme lebih mengarah pada ukuran cepat atau lambat setiap gerak ang dicapai.

5.      Sebutkan dan jelaskan konsep, sifat, karakteristik, fungsi, dan ruang lingkup tari ?
Jawab :
A.    Konsep adalah tema yang dipilih dalam suatu tarian. Sifat dasar seni adalah kreatif, individual, perasaan, abadi dan universal.
B.     Karakteristik tari
a.       Tema, gerak-gerak yang pernah dilihat dan diamati oleh anak maka dapat dijadikan suatu tema. Tema-tema yang pada umumnya disenangi oleh anak-anak TK diantaranya adalah tingkah laku binatang seperti : kucing, anjing, burung, kupu-kupu, bebek dan lain-lain. Anak juga menirukan tingkah laku manusia seperti : ayah, ibu, dokter, insinyur dan lain-lain. Contohnya tingkah laku binatang seperti : kucing,anjing,burung ,dll serta tingkah laku manusia seperti : ayah,ibu,dokter dan lain-lain
b.      Bentuk Gerak. Bentuk gerak yang sesuai dengan karakteristik tari anak-anak, pada umumnya gerak-gerak yang dilakukannya tidaklah terlalu sulit dan sangat sederhana sekali. Mengingat pada dasarnya imajinasi anak TK tinggi dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi pula. Dan bentuk-bentuk gerak yang biasa dilakukan adalah bentuk gerak-gerak yang lincah, cepat dan seakan menggambarkan kegembiraannya. Misalkan : bentuk gerak jalan ditempat dengan tepuk-teuk tangan
c.    Bentuk Iringan. Dilihat dari karakteristik anak yang senang bergerak dengan gembira, anak TK biasanya menyenangi musik iringan yang menggambarkan kesenangan dan kegembiraan. Terutama lagu-lagu anak yang mudah diingat, misalnya : lagu kelinciku, kebunku, kupu-kupuku dan lainlain. Misalnya : lagu keleinciku,kebunku,kupuku,dll
d.   Jenis Tari. Apabila suatu karya cipta gerak tari sudah tersusun dan menjadi satu kesatuan tari anak, maka dibentuklah menjadi satu bentuk tari dan sebuah jenis tari yang sesuai dengan karakteristik dan sifat anak TK yang memiliki sifat kegembiraan atau kesenangan, geraknya yang lincah dan sederhana, dan iringan musiknya pun mudah dipahami oleh anak. 
C.     Fungsi seni tari
a.       Seni tari sebagai sarana upacara, seni tari sebagai sarana upacara biasanya bersifat sakral atau magis. Upacara dalam kehidupan kita di Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu : upacara keagamaan dan upacara adat
b.      Seni tari sebagai sarana hiburan, sebagai sarana hiburan biasanya juga digunakan untuk pergaulan dan disebut juga tari gembira. Biasannya untuk ditonton.
c.       Seni tari sebagai sarana pertunjukan, dalam penyajian mengutamakan segi arstistiknya dengan berkonsepsonal yang matang dan cermat serta tema dan tujuan yang jelas juga, yang layak untuk di pertontonkan.

Tari menurut fungsi dan sifatnya

NO
Fungsi tari
Sifat tari
1.
2.
3.

Sarana hiburan
Sarana upacara
Sarana pertunjukan

Gembira dan dinamis
Religius magis sacral
Indah menarik dan kreatif











1 komentar:

  1. hay bosku anda bingung mencari bandar togel
    yuk bergabung bersama kami di togel pelangi
    togel terbaik dan terpecaya 100% aman
    http://www.togelpelangi.com/

    BalasHapus