Selasa, 01 Desember 2015

tugas sebagai calon guru

TUGAS SEBAGAI CALON GURU

Sebagai mahasiswa PGSD dan sekaligus sebagai calon guru di hari yang akan datang, sudah sepantasnya mengetahui apa saja kiat-kiat agar kelak mampu menjadi seorang guru yang profesional di era global ini. Tugas guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, mengasuh, membimbing dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia. guru merupakan sosok yang dihormati karena memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru juga sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan atau cita-citanya secara optimal. Minat, bakat, kemampuan, dan potensi yang dimiliki peserta didik tidak akan dapat berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini guru perlu memperhatikan peserta didik secara individual.
Dalam menuju era globalisasi, Indonesia harus melakukan reformasi dalam dunia pendidikan, yaitu dengan menciptakan sistem pendidikan yang lebih terencana dengan baik, sehingga para lulusan dapat berfungsi secara efektif dalam kehidupan masyarakat global. Oleh karena itu, pendidikan harus dirancang sedemikian rupa agar memungkinkan para anak didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara kreatif dalam suasana penuh kebebasan, kebersamaan dan tanggung jawab.
Pendidikan di era global menuntut adanya manajemen pendidikan yang modern dan profesional dengan bernuansa pendidikan. Lembaga-lembaga pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peranannya secara efektif dengan keunggulan dalam kepemimpinan, staf, proses belajar mengajar, pengembangan staf, kurikulum, tujuan dan harapan, iklim sekolah, penilaian diri, komunikasi, dan keterlibatan orang tua/masyarakat. Tidak kalah pentingnya adalah sosok guru yang ditandai dengan keunggulan dalam nasionalisme dan jiwa juang, keimanan dan ketakwaan, penguasaan iptek, etos kerja dan disiplin, sikap profesional, kerjasama dan belajar dengan berbagai disiplin, wawasan masa depan, kepastian karir, dan kesejahteraan lahir batin. Sikap dan profesional guru di dalam pendidikan mempunyai peranan yang amat strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keberdayaan dan kecerdasan emosional yang tinggi dan menguasai kemampuan dan keahlian yang mantap.

Dalam menghadapi pendidikan diera global ini, sangat perlu dilahirkan calon-calon guru SD yang memiliki kepribadian matang dan berkembang, penguasaan ilmu yang kuat, keterampilan untuk membangkitkan peserta didik, dan pengembangan profesi yang berkesinambungan. Pemerintah telah banyak berupaya untuk meningkatkan profesionalisme guru SD diantaranya dengan penyetaraan Strata I (sarjana), seminar-seminar pendidikan, pelatihan, dan program sertifikasi guru.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar